Sabtu, 07 Agustus 2010

Konsep dan Makna Logo

Logo UM "The Learning University"

Logo UM "The Learning University" merupakan brand name logo Universitas Negeri Malang yang lebih mengedepankan aspek brand identity daripada brand personality dan tersusun dari bentuk yang terucapkan.

Desain logo UM "The Learning University" bertujuan untuk meningkatkan rasa bangga dan menggugah kesadaran sivitas akademika untuk mewujudkan tema dan teks tersebut untuk giat belajar dan terus belajar sehingga belajar menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Dari tujuan tersebut dirancanglah brand name logo dengan konsep pembelajaran yang berkelanjutan (continuous learning). Konsep tersebut divisualisasikan dengan wujud 3 (tiga) garis lengkung tebal yang saling bertautan membentuk tulisan UM. Garis‐garis lengkung tersebut diambil dari tepi lingkaran yang bertautan.

[edit] Tiga Garis Lengkung dari Lingkaran yang Bertauatan

Tiga lingkaran yang bertautan: Hubungan yang erat dan positif dari perjumpaan antara sivitas akademika dan masyarakat.

Lingkaran yang bertautan melambangkan proses belajar yang terus menerus berlangsung di Universitas Negeri Malang. Pertautan antar lingkaran menyiratkan hubungan yang erat dan positif dari perjumpaan antara sivitas akademika (pengajar, mahasiswa, dan karyawan Universitas Negeri Malang) dan masyarakat. Tiga garis lengkung juga melambangkan 3 (tiga) misi Universitas Negeri Malang:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan memperhatikan aspek pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat
  • Meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Membangun organisasi yang sehat dalam rangka penguatan tata kelola, transparasi, dan pencitraan publik menuju perguruan tinggi yang otonom.

Tiga garis lengkung tersebut juga melambangkan tiga jalur kontribusi Universitas Negeri Malang terhadap perkembangan global, nasional, regional, dan lokal, yakni lewat: (1) pendidikan, (2) penelitian, dan (3) penerapan IPTEKS kepada masyarakat.

[edit] Ujung yang Melengkung

Ujung-ujung yang tumpul setengah lingkaran.
Ujung garis-garis lengkung pada brand name logo UM: The Learning University baik di tulisan UM maupun "The Learning University" juga berupa lengkungan (setengah lingkaran). Bentuk ujung garis yang berupa setengah lingkaran (bukan patah/tajam) akan memberikan kesan lembut, informal, dan nyaman. Demikian diranacang untuk menunjukkan nuansa proses belajar di Universitas Negeri Malang yang menyenangkan, nyaman, dan fun, jauh dari kesan membosankan.

[edit] Jenis Huruf

Font Arial Rounded memiliki karakter yang sangat cocok dengan desain 'tiga garis lengkung UM.
Huruf yang digunakan untuk tulisan The Learning University terinspirasi dari font Arial Rounded yang memiliki karakter yang sangat cocok dengan desain 'tiga garis lengkung UM', yakni memiliki banyak garing lengkung yang artistik dan berujung lengkungan.

[edit] Warna

Terdapat 4 (empat) warna utama dalam desain brand name logo Universitas Negeri Malang yaitu: biru, hijau, kuning emas, dan biru tua.

Warna biru Warna biru merupakan warna yang menarik dan menyenangkan. Melambangkan jiwa muda yang terus belajar untuk maju.
Warna hijau Warna hijau melambangkan pertumbuhan dan kehidupan. Melambangkan kampus yang menjadi wadah bagi sivitas akademika untuk hidup dan tumbuh.
Warna kuning emas Warna kuning emas melambangkan kejayaan dan energi. Keunggulan adalah utama yang akan terus diraih dengan semangat yang menyala.
Warna biru tua Warna biru tua melambangkan stabilitas dan kedalaman. Dua hal yang esensial dalam penyelenggaraan pendidikan di sebuah perguruan tinggi.

[edit] Referensi

  1. Panduan Standar Aplikasi Brand Name Logo UM: The Learning University

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes